FAKTA UNIK BEKERJA DI LUAR NEGERI


FAKTA UNIK BEKERJA DI LUAR NEGERI
FAKTA UNIK BEKERJA DI LUAR NEGERI
 
Apakah kamu pernah mempertimbangkan prospek bekerja di luar negeri? Mungkin kamu berpikir akan sulit meninggalkan tanah air untuk merantau ke negeri orang dengan segala macam perbedaan suasana serta suasana baru. Tetapi di sisi lain, kesempatan bekerja ke luar negeri menawarkan banyak sekali hal-hal baru yang bisa membuat hidupmu lebih kaya pengalaman. Nah, bagi kamu yang ingin mempertimbangkan untuk bekerja di luar negeri, berikut ini kami beberkan fakta-fakta bekerja dan tinggal di luar negeri—with its ups and downs.

Tips Bekerja di Luar Negeri


    Kebebasan yang Baru

Tinggal di luar negeri akan membuatmu merasakan kebebasan baru yang tentunya belum pernah kamu rasakan. Kamu bebas melakukan apapun dan pergi ke manapun kamu mau—tapi tetap ingat dengan tanggung jawab yang mengiringi kebebasanmu tersebut. Jangan sampai hidupmu malah berantakan setelah tinggal di luar negeri. Ingat niat awalmu untuk bekerja dan membangun karir di luar negeri, bukannya sekedar main ke sana ke mari.


    Waktu Terasa Lebih Cepat Berlalu

Ketika kamu berada di luar negeri, persepsimu tentang waktu akan berubah. Waktu akan terasa sangat cepat berlalu dan ketika kamu pulang setelah beberapa lama, anak, keponakan, teman, orang tua, atau sanak saudaramu sudah bertambah umur dan memiliki kehidupan yang serasa jauh darimu. Kamu akan merasa rindu berada di tengah-tengah mereka, sementara kamu sedang berjuang bekerja diluar negeri untuk beradaptasi di tempat baru. Ini bisa membuat hubungan dengan orang-orang terdekat menjadi renggang, tetapi bisa pula menjadi tambah dekat.


    Bertemu dengan Teman Baru dan Meninggalkan Teman Lama


Bekerja di luar negeri, kamu akan bertemu banyak orang baru dan menghabiskan waktu bersama mereka. Tetapi di saat yang sama, kamu akan kehilangan beberapa teman lama. Adanya perbedaan waktu di luar negeri dengan Indonesia akan membuatmu agak sukar berkomunikasi dengan teman-teman lama.


    Bahasa

Mempelajari bahasa baru adalah sebuah keharusan bila kamu ingin bisa berkomunikasi dengan para penduduk setempat. Ini juga akan memudahkan transportasi kamu di tempat itu dengan memudahkan kamu melihat tanda-tanda di jalanan.


    Cerita Baru untuk Dibagi

Pengalaman yang kamu rasakan saat bekerja di luar negeri tentunya bisa menjadi bahan cerita yang untuk dibagi kepada rekan kerja, keluarga, sanak saudara, dan teman-teman. Berbagai pengalaman yang kamu dapat juga bisa dapat kamu jadikan pelajaran berharga dalam hidup.


    Homesick

Mungkin ini menjadi batu sandungan terbesar ketika kamu tinggal di luar negeri. Rasa rindu rumah tidak akan dapat dihindari dan terkadang akan terasa sangat berat. Banyak sekali cerita orang-orang yang bekerja di luar negeri mempersingkat atau memutuskan kontrak hanya karena kangen kampung halaman. Maka dari itu sebelum kamu membuat keputusan, tanyakan pada dirimu sendiri apa targetmu dari bekerja di luar negeri ini sehingga kamu tak mudah menyerah ketika homesick melanda.


    Tumbuh Secara Personal dan Profesional

Berada di tempat yang jauh dari rumah seorang diri merupakan pengalaman yang akan sangat membantumu untuk bertumbuh. Kamu akan menjadi independen, mandiri, dan lebih kuat. Kamu juga dipaksa untuk memiliki pikiran yang lebih terbuka karena kamu harus beradaptasi dengan lingkungan serta budaya yang serba baru. Pengalaman ini bisa menjadi dorongan ketika kamu bekerja dan memperluas pandanganmu setelah usai menjalankan tugas.

Jangan pernah berkecil hati dengan segala hal negatifnya. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan teman baru dan akan mulai dapat beradaptasi dengan baik. Jika kesempatan tersebut baik, ambillah. Sesuatu yang terlihat menakutkan di awal tidak akan terasa menyeramkan lagi ketika kamu berhasil menaklukkannya.